Rabu, 23 April 2014

Tips Merawat Hape Android

Hape android dengan model layar datar yang ngga ada tombolnya sudah pasti rentan sekali dengan kerusakan. Sebagai pengguna android yang cerdas kita harus bisa menjaga handphone android kita dari kerusakan-kerusakan yang akan membuat kantong kita berlubang a.k.a bolong.

Kemarin hp samsung galaxy Y s5360 gue mengalami masalah yang membuat gue panik tingkat negara Zimbabwe.

Hape gayung (Galaxy Young) gue pas nyetel musik dan nyetel video ngga ada suaranya. Tapi notif BBM, pesan, twitter dan segala sosial media lainnya masih bunyi. Gue cari di mbah google tapi ngga ada jawaban yang memuaskan. Semua jawaban kebanyakan suruh bawa ke konter. Payah.

Gue ga terima kalo hape yang baru gue beli rusak, gue cari akal sendiri. Gue mikirin kira-kira apanya yang rusak.
Gue mikir, waktu dulu gue make BB, lemot gara-gara memory penuh. Gue coba hapus video-video di SdCard gue melalui  laptop. Gue masukin lagi ke hape gue, eh SdCardnya malah ga ke detect :(

Tapi pas yang kedua kalinya, dengan bantuan celana training, gue gosok SdCardnya ke celana gue, dan dengan tiupan halus ke slot SdCardnya alhamdulillah memory gue ke detect :D dan yang membahagiakan musik dan video sudah bisa didengarkan kembali dengan ada suaranya pasti :D Hehe

Jadi kalo hp gayung kalian ngga ada suaranya, jangan langsung menjudge gayung kalian rusak ya. Kali aja SdCardnya penuh.


Coba di cek dulu, coba SdCardnya kosongin setengah dulu, terus coba ke gayung kalian.


Begitulah kira-kira cerita gue tadi yang hampir putus asa ganti hape lagi.

***

Mulai dari situ gue mulai berfikir untuk mencari tips menjaga hape smartphone android. Berikut gue jabarin lagi deh ilmu yang barusan gue dapet untuk menjaga hp smartphone kalian. Biar hape kita sama-sama awet.

1. Hindarkan hp android kalian dari sinar matahari secara langsung, karena katanya akan merusak kualitas LCD.

2. Gunakanlah anti gores (screen protector) pada layar hape android kalian gaes. Ini mencegah keringat-keringat halus yang keluar dari telapak tangan kalian.
 
3. Jika LCD sudah terlihat agak kotor, langsung bersihkan. Jangan menunggu samapi kotor banget, banget, dan banget.
 
4. Jangan menggunakan kuku untuk membersihkan layar, usahakan bersihkan dengan tissue basah bekas ngelap eek bayi

5. Jangan menekan layar terlalu kencang, kencang hanya milik rossi dan lorenzo #Okesip
 
6. Hape jangan sering ditaruh di kantong yang sempit. Dikantong celana jeans misalnya. Karena hp android kalian akan mengalami tekanan. Emang enak kalo kalian hidup dibawah tekanan? Nngak kan, kalo sering mengalami tekanan tidak menutup kemungkinan hape kalian akan mengalami depresi.  

Kira-kira begitulah cara merawat hape android. Kalo gamau ngerawat ya tinggal tunggu rusaknya aja :p 

Foto: Google.com


Oia, nih sekalian gue mau kasih tips merawat baterai hape android buat kalian yang sering ngeluh kenapa hape android kalian baterenya boros sangat.

1. Jangan men-charge hape android melewati batas normal

Baterai rata-rata hanya membutuhkan 2-3-4 jam untuk men-charge sampai penuh, tergantung kekuatan baterai android kalian. Baterei android kan beda-beda.
Jangan sampe baterai kalian mengalami overloading (kelebihan tenaga) karena akan menyebabkan baterai menjadi panas dan emosian dan mengurangi usia baterai android kita tentunya.

2. kalau mencharge handphone usahakan sampai terisi penuh
 
Usahakan mengecas baterai sampai penuh. Jangan sebelum penuh udah dicabut. Karena itu akan mengurangi usia baterai. Seperti ngeseks aja, harus dituntaskan sampai klimaks #Eh
Dan alangkah bagusnya kalau kalian ingin ngecas hape jika baterai kalian sudah tinggal 10%

3. Baterai di isi dalam keadaan mati
 
Kalo mau ngecas hp android kalian sebaiknya di-charge dalam keadaan mati, minimal matiin koneksi ke internet lah. Hal ini akan membantu baterai terisi secara optimal dan penghitung tegangan akan tetap terjaga akurasinya.

5. Mematikan Background Program
 
Keluarkan dengan benar aplikasi yang sudah tidak kalian pakai. Kalau sudah keluar tapi aplikasi tersebut masih berjalan, coba matikan dengan menggunakan task manager. Kalo ngga bisa juga, sewa pembunuh bayaran aja.

6. Mengatur Screen Timeout dan Brightness Android anda
 
Aturlah brightness android anda dibawah 20% akan sangat membantu baterai android anda akan tahan lama dari sebelumnya. Screen Timeout adalah settingan yang dimiliki oleh smartphone untuk membuat layar masuk dalam posisi standby dengan membuat layar menjadi redup, mengatur settingannya menjadi 30 Detik ke bawah akan sangat membantu anda untuk menghemat penggunaan energi pada Smartphone Android anda

7. Diemin aja

Iya, diemin aja. Gausah dipake. Dijamin baterai anda awet sampai seminggu

Sekian tips dari gue, semoga bermanfaat. See u !

Bagikan

Jangan lewatkan

Tips Merawat Hape Android
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

8 komentar

Tulis komentar
avatar
23 April 2014 pukul 17.07

hp gua sering banget dicharge sambil dipake, padahal gua tau itu nggak bagus buat batre hahaha
gimana ya, susah ngilangin kebiasaan kayak gini

Reply
avatar
23 April 2014 pukul 20.05

haha iya, saking asik-asiknya. tapi batere low.. ya terpaksa di charge sambil dipake :D Hehehe

Reply
avatar
23 April 2014 pukul 23.52

wah bermanfaat banget nih tips nya

Reply
avatar
24 April 2014 pukul 11.06

Wah, mantap, bisa diterapkan nih :D

Reply
avatar
23 Oktober 2017 pukul 11.03

thanks infonya dan jangan lupa kunjungi kami di http://kapsulgamatemaswalatra.com/walatra-sehat-mata-softgel/

Reply

Komentar sangat dibutuhkan bagi seorang Blogger #FYI

Orang baik komentarnya akan baik; Orang buruk komentarnya akan buruk.

Terima kasih dan Terima apa adanya | ... ?

Beri komentar yang bersifat membangun yak :D #ThinkHIGH