Senin, 30 Januari 2017

Pentingnya Bergabung Dengan Komunitas Bloger

Waktu awal ngeblog, gue bergabung dengan komunitas apa saja yang ada kaitannya dengan dunia per-bloger-an. Dari komunitas bloger yang sudah terkenal, komunitas bloger berdasarkan wilayah tempat tinggal, komunitas blog yang berdasarkan genre/konten blog, sampe komunitas menulis agar tulisan yang gue posting di blog tak menyalahi aturan kbbi.

Karena hasrat nulis yang masih menggebu-gebu, blog gue waktu itu sampe ada 7 buah dan blog nya aktif semua (rajin posting dan banyak yang komentar). Gue bikin sebanyak itu agar tak mempunyai blog yang konten-nya gado-gado (berkat ke'sotoy'an gue sendiri tentang SEO).

Sampe akhirnya gue tersadar. Awalnya gue ngeblog kan buat nyalurin hobi menulis aja. Ada yang baca syukur, ngga yaudah. Bukan buat bikin pusing karena punya kebanyakan. Jadi dengan berat hati, gue hapus semua dan menyisakan satu blog yang kasihan ini.

Karena hasrat menulis yang menurun akibat sibuknya bekerja, blog ini pun seperti tak mempunyai jiwa. Niat awal cuma mau dimasukin konten yang berhubungan dengan jenjang perkuliahan aja, eh malah jadi gajelas kaya gini. Yaudah, resiko. #LahMalahCurhat

Indonesia Blogger, foto dari sini

Diawal tahun 2017 ini, gue rasanya sendirian di dunia blogging. Tak mempunyai teman bloger dan tidak tergabung dengan komunitas bloger. Tak ada yang berkomentar, tak ada yang blogwalking dengan sengaja, tak punya pembaca setia, serta pageview yang hanya berkisar puluhan saja. Sudah membuat blog ini seperti sampah dunia maya.

Maka dari itu gue bakal gabung ke beberapa komunitas bloger untuk terus dapat berjalan dengan kokoh di dunia maya. Karena ngeblog ngga mempunyai komunitas itu seperti orang yang linglung ditengah kerumununan massa, dan sialnya, inilah kondisi yang gue alami sekarang.

Berikut ini adalah keuntungan yang gue dapatkan ketika masih bergabung dalam beberapa komunitas bloger:

1. Promosi blog gratis
Dengan bergabung komunitas bloger, blog lo akan naik ke permukaan dengan sendiri nya berkat jaringan bloger komunitas lo. Blog lo akan sering dikunjungi teman-teman komunitas (blogwalking) yang akan menjadikan blog lo di index mesin pencari terus-terusan.

2. Mendapatkan banyak backlink
Backlink merupakan hal penting dalam dunia blogging. Banyak backlink yang positif akan membuat mesin pencari menaruh kepercayaan lebih untuk blog lo, yang akan berdampak bagus di hasil penelusuran. Dan jika tergabung dalam komunitas bloger, sudah pasti backlink dengan sangat mudah di dapatkan.

3. Mendapatkan ilmu dan wawasan baru
Seorang bloger menurut gue adalah orang yang mempunyai wawasan luas. Pikiran mereka lebih terbuka terhadap hal-hal baru dibandingkan yang bukan bloger, mereka melek dengan dunia di masa depan.
Seorang bloger juga paham betul sama istilah ilmu tak akan pernah cukup dan harus dibagikan. Pasti ada saja informasi-informasi baru yang disebar dalam jejaring komunitas bloger yang sebelumnya kita tidak mengetahuinya.

4. Ide menulis yang datang terus
Menjadi bloger takkan bisa hanya sendirian. Pasti akan ada situasi jenuh dan males menulis yang timbul. Ketika fase itu datang, komunitas lo akan terus menyemangati lo. Dan lo bisa berkunjung ke blog teman komunitas lo untuk memotivasi diri lo sendiri agar tetap ngeblog.

Itu hal yang bakal lo dapetin jika lo bergabung dengan komunitas, wahai bloger. Hal ini juga yang pengen gue dapatkan lagi dalam dunia blogging, sekarang.

Foto: Google.com



Bagikan

Jangan lewatkan

Pentingnya Bergabung Dengan Komunitas Bloger
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

9 komentar

Tulis komentar
avatar
31 Januari 2017 pukul 16.28

Saya malah gk punya komunitas khusus blogging.... Bagi infonya dong, mas..

Reply
avatar
31 Januari 2017 pukul 19.16

Komunitas blogging sekarang udah kaya jamur mas. Walaupun sekarang banyak yang beralih ke vlog (video blog), tapi menurut gue blog konvensional gak akan pernah mati sampai kapanpun, maka dari itu kita (bloger) butuh yang namanya komunitas untuk mengikuti update di dunia per-bloger-an :D

Coba gabung aja sama warung blogger dulu mas, klik logo nya di sidebar kanan blog gue.

Reply
avatar
1 Februari 2017 pukul 10.29

Gokil banget sampe bikin tujuh blog demi blognya gak gado-gado. :)) Gue punya dua aja, yang satu hampir gak keurus. Wahaha.

Iya tuh! Dulu zaman 2014, belum gabung komunitas, blog gue mah page view gak sampe 50. Blogwalking juga jarang banget karena nggak begitu kenal temen-temen. Orangnya itu-itu aja lagi.

Sekarang alhamdulillah udah lumayan banyak temennya. :D

Reply
avatar
1 Februari 2017 pukul 21.36

Haha gile juga yaa kalo dipikir-pikir :D

Iya yog, komunitas emang penting banget buat seorang bloger. Ajakin gue napah kalo kumpul-kumpul sama bloger. Blog lo keren udah rame banget :D

Reply
avatar
6 Februari 2017 pukul 15.57

selain gabung ke banyak komunitas memang mesti rajin blogwalking :) dan betul, dari baca2 postingan blogger lain bisa bikin ide nulis topik sama tp dari sudut pandang yg beda

Reply
avatar
26 Februari 2017 pukul 00.03

Gue sendiri gabungnya cuma di dua komunitas doang. Pengin sih gabung di banyak komunitas. Tapi seringkali gue mendapati komunitas bikin aturan yang agak mengikat gitu-gitu. Jadinya gue nggak nyaman mau gabung. Huee..

Reply
avatar
28 Maret 2017 pukul 22.12

guaaaaa dri 2014 independent, gaada komunitas atau guanya aja yang belum nyari? hahaha coba yang orang depok, mana? HAHA

Reply
avatar
10 Juli 2017 pukul 15.39

Saya pengen banget gabung sma komunitas, buat nambah semangat nge blog. jadi putus asa kalau nge blog ga ada yang mampir..

Salam kenal.. kalau boleh tau komunitas mana yang rekomend? trims

Reply

Komentar sangat dibutuhkan bagi seorang Blogger #FYI

Orang baik komentarnya akan baik; Orang buruk komentarnya akan buruk.

Terima kasih dan Terima apa adanya | ... ?

Beri komentar yang bersifat membangun yak :D #ThinkHIGH