Senin, 08 Juni 2015

[TIPS] Memilih Topi

Kristen Stewart dengan Snapback nya, foto dari sini

Topi sangat berguna bagi siapapun disaat cuaca panas, terlebih bagi orang yang memiliki kepala botak, biar ga retak. *dilempar barbell sama Dedy Corbuizer.

Saat kita sedang melakukan aktivitas diluar ruangan, entah saat sedang menyetir mobil, saat kita sedang dipantai, atau bahkan dikala kita sedang mendaki gunung. Topi adalah salah satu benda yang sangat berguna untuk melindungi rambut, telinga dan wajah kita dari sengatan sinar matahari.

Oke, sebelum membeli sebuah topi, kita harus terlebih dahulu tahu dari bahan apa topi yang kita beli.

Tips Memilih topi dari Bahan nya:

Matador 
Kain matador atau biasa disebut kain SAB adalah jenis kain ini sangat murah dan jenis kain ini biasa digunakan untuk dalaman topi-topi. Kain matador biasa dipakai untuk topi partai. Ciri dari jenis kain matador atau SAB adalah kasar dan agak tipis. Untuk lebih detilnya cobalah lihat bagian dalaman topi. Biasanya menggunakan bahan matador.

Royal
Merek yang biasa dipake adalah royal carveno. Harganya lebih mahal sedikit dari kain matador. Topi dengan jenis kain royal juga biasa dipakai untuk topi partai.

Famatex
Memiliki serat halus dan kaku. Bahan famatex biasa dipakai untuk topi sekolahan seperti SD, SMP dan SMA.

Twill Sueding
Ciri kain twill sueding adalah halus tapi padat dan lebih tipis dari royal dan tentu saja kainnya lebih bagus dari royal. Ketersediaan warna juga lebih banyak dari royal. Ada warna yang ngjereng dan warna gelapnya. Topi yang menggunakan kain twill sueding biasanya harga nya murah, tetapi dengan kualitas sedang.

Drill
Jenis kain inilah yang sangat bervariasi, mulai dari seratnya, mereknya, warnanya hingga harganya. Perbedaanya biasanya dari seratnya. serat biasa, serat sedang dan serat tebal.

Raffel 
Jenis kain inilah yang paling banyak dipakai untuk pembuatan topi, baik topi umum yang dipinggir jalan hingga topi topi di jejeran distro. Bentuk kainnya yang kaku dan tebal paling banyak digemari oleh para penyuka topi.

Kanvas
bahan yang satu ini memang agak jarang digunakan topi. Namun sebagian orang ada juga yang tetap memilihnya. Bahan Kanvas banyak jenisnya. Cirinya bahan canvas dari serat dan ketebalannya berbeda-beda. Bahan kanvas lapisan atasnya agak berbulu dan benang sehingga material ringan mudah menempel pada bahan kanvas. 

Laken
Bahan laken biasa juga disebut bahan bludru. Cirinya sangat mudah dikenali karena memiliki bulu dan kainnya lumayan tebal. Pemilihan topi dengan bahan laken biasanya digunakan untuk topi topi instansi kepemerintahan.

Double Mess
Bahan double mess memiliki ciri berlobang lobang segi lima atau bulat. Biasanya bahan double mess untuk topi sudah dilaminasi doof. Bahan ini juga sering disebut bahan jala sepatu karena biasa dipakai untuk pembuatan sepatu. 

Ripstok
Kain ripstok terbuat dari nilon. Kain ini memiliki ciri khusus berupa kotak-kotak benang yang berfungsi sebagai pengencang kain sehingga tahan dari robekan. Topi yang paling umum menggunakan bahan ripstok ini adalah topi rimba dan topi bucket. Kurang lebih ada empat tingkatan bahan ripstok untuk topi, yaitu ripstok excelent, ripstok standar, ripstok executive, dan ripstok victor.

Jeans
Bahan Jeans tentunya sudah tidak asing lagi, apapun produknya, kemeja, jaket, celana dan topi sekalipun akan tampak bagus dengan bahan ini.

Fleece
Bahan Fleece sama seperti bahan jaket pada umumnya, bahan ini sudah jarang digunakan menjadi topi.


Setelah tau kain kain yang biasa nya di buat topi, sekarang mari bahas tentang Tips memilih topi agar sesuai bentuk wajah


Topi untuk wajah oval
Wajah oval sangat cocok memakai berbagai model topi. Agar lebih menarik, coba kenakan topi baseball dan topi beret.

Topi untuk wajah bulat
Jika lo memiliki wajah bulat, pilihlah topi dengan bentuk simetris dan strukturnya tinggi agar memberi efek lebih panjang terhadap muka atau wajah lo.

Topi untuk wajah hati
Wajah berbentuk hati memiliki kening yang lebar dan juga dagu yang kecil. Maka pilihlah topi dengan tepi bulat tetapi pendek agar dapat membuat wajah kalian menjadi seimbang.

Topi untuk wajah kecil
Jika lo memiliki wajah yang kecil, pilihlah topi beaning untuk menutupi wajah lo yang kecil dan dapat melindungi kepala lo dari panasnya terik matahari.

Topi untuk wajah kotak
Jika lo memiliki wajah kotak, pilihlah topi yang tepinya lebar karena dapat memberikan nuansa kelembutan dan juga dapat menutupi sebagian rahang dan tulang pipi lo.

Topi untuk wajah panjang
Jika lo memiliki wajah panjang, pilihlah topi yang pinggirannya lebar seperti floppy hat dan cloche agar wajah lo terlihat seimbang.


Nah, udah pada tau kan sekarang harus beli topi apa? dan harus digunain dimana? Jangan ada lagi ya yang salah pake topi. Di gunung pake Topper, dilaut pake topi beret, dan nyetir pake topi jerami ??

Dan inget, topi itu bisa dipilih. Jadi jangan jadiin alesan ‘Topi itu Cuma buat penghalang panas’ karena lewat Topi juga sangat bisa menunjang penampilan kita.

Artikel ini dari berbagai sumber, terima kasih udah baca sampe abis.


Baca juga: Mari Hapus Mental Bekerja

Bagikan

Jangan lewatkan

[TIPS] Memilih Topi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Komentar sangat dibutuhkan bagi seorang Blogger #FYI

Orang baik komentarnya akan baik; Orang buruk komentarnya akan buruk.

Terima kasih dan Terima apa adanya | ... ?

Beri komentar yang bersifat membangun yak :D #ThinkHIGH