Selasa, 27 Desember 2016

Mari Hapus Mental Bekerja

Diakhir tahun ini gue resmi jadi pengangguran, setelah habis kontrak di perusahaan lama tempat gue bekerja.
Gue sih ga sedih-sedih banget karena bekerja emang bukan prioritas utama gue. Selama ini gue bekerja biar bisa bayar kuliah dan bayar kosan.

Tapi gue juga sedikit takut, gimana gue bisa idup kalo ngga kerja.
Kondisi ekonomi gue yang berada ngambang ditengah ke bawah seringkali membetulkan kalimat 'kalau ga bekerja mau makan apa'.

Tapi selama gue bekerja tiga tahun kebelakang, gue juga sering merenung jika melihat meme Alm. Bob Sadino yang ini.




Foto: Google.com

Dan dalam kondisi waktu yang sedang senggang ini, gue mau mencoba merintis sebuah usaha yang gue idam-idamkan sembari nunggu panggilan kerja dari perusahaan lain.

Singkat cerita nih:

Tahun 2010 tepatnya, saat baru pertama kali gue dateng ke acara Jakarta Clothing Expo atau biasa anak muda sebut Jakcloth. Gue langsung bercita-cita membuka clothing line sendiri dengan gambar dan tulisan yang gue hasilkan.

Namun sayang, gue yang hanya punya modal sedikit pun harus bersabar untuk ter-realisasi nya salah satu impian gue itu.
Dan yang gila nya. Sampai sekarang 2016 mau berakhir, gue belum menemukakan titik cerah untuk membuat sebuah clothing line.

Syedih yaa :'(
kalau lu mau ikut sedih juga silahkan.

***

Titik terang mulai muncul kembali saat gue mengikuti acara JNE bulan november kemarin. Kata yang dikeluarkan Bang Jaya masih terngiang-ngiang sampai sekarang.
Kira-kira bunyi quote-nya seperti ini, "Lebih baik kamu kerja jadi bos daripada jadi kuli. Kuli kerja bisa makan, kuli gak kerja gak bisa makan. Kalo bos gak kerja, Bos bisa makan"

Ya kira-kira Bang Jaya sama lah kaya om Bob Sadino. Bukan ingin merendahkan para pekerja. Mereka hanya ingin Bangsa Indonesia itu bangkit dari mental bekerja. Jangan hanya bekerja untuk mimpi orang lain, tapi bekerja lah untuk mimpi kita sendiri.

***

Jalan wiraswasta gue pun mulai terasa bertambah lebar dan cerah saat menonton acara Standup Show nya Pandji Pragiwaksono di Kota Kasablanka, 10 Desember lalu.
Beliau mengatakan. CMIIW, Indonesia gak bakal maju kalau masih mempunyai mental seorang pekerja.

Kalian tau Pandji Pragiwaksono yang StandpComedy-an itu kan? yang kebanyakan orang bilang kalau dia itu ga lucu dan garing. Orang yang lu bilang ga lucu itu ternyata punya piikiran yang amat revolusioner.

Gue mungkin bukan fans berat nya Pandji yang selalu tau schedule dia. Gue hanya orang yang bisa nangkep joke-joke dia di standup walaupun orang lain bilang ga lucu. Sampe-sampe pernah gue ngikutin jadi relawan pak Anies Baswedan gara-gara dia sering banget nge-tweet tentang pak Anies.

Pokoknya Pandji emang cocok jadi tukang ngomong deh.


Di tour standup nya kemarin yang bertajuk "Juru Bicara" Pandji juga mengatakan. Di Old Trafford, stadion kebanggaan tim berlambang iblis lagi megang tongkat itu (haha). Kalau disana, jersey yang dipake pemain dan dijadikan merchandise adalah jersey buatan Indonesia.

Dia bilang, Indonesia sebenarnya punya orang-orang yang sangat mempunyai potensi. Tapi sayang, Indonesia masih mempunyai jiwa pekerja.

***

Kebanyakan orang tidak jadi memulai suatu karya karena takut dibilang jelek. Pandji pun menyadarkan gue lagi lewat bit-nya.
"Jangan takut dibilang jelek jika ingin memulai suatu karya, karena karya pertama lu emang bakalan jelek"
haha bener juga emang. Orang baru ngapain sih ngejar-ngejar bagus nya, yang penting konsisten dulu dan banyak belajar.

Mungkin ini yang gue lupa. Bahwa setiap orang sukses, dulunya juga bersusah payah dalam menghidupkan mimpi nya masing-masing.



Gue juga sebel banget karena ketika curhat sama temen tentang mau jadi pebisnis, gue pasti selalu dianggap bodoh dan diremehkan. Katanya cari yang pasti-pasti aja.

Tapi gue udah punya mimpi, dan saat ini gue yakin bisa menghidupkan mimpi ini walaupun gue tau itu bukan hal mudah dan butuh perjuangan yang ngga sebentar.

Gue emang orangnya ga pernah mengikuti arus. Karena yang mengikuti arus hanya daun kering dan tokay.


Baca juga: Kopi ku, Tak Habis Lagi

Bagikan

Jangan lewatkan

Mari Hapus Mental Bekerja
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

4 komentar

Tulis komentar
avatar
29 Desember 2016 pukul 12.26

"Syedih yaa :'( kalau lu mau ikut sedih juga silahkan."
Ga jadi ikutan sedih :D :D

Semoga taun depan udah beneran bisa jalan clothing line nya ^^

Reply
avatar
29 Desember 2016 pukul 12.57

aamiin. Terima kasih komentar nya.
Kalau clothing line gue udah terwujud, gue bakal kasih diskon ke elu kk emma.

hehe

Reply
avatar
11 Januari 2017 pukul 02.06

Dulu, emang Pandji garing gitu. Tapi sekarang udah mulai lucu, kok. Bagus cara ngomong dia! Berkembang banget deh. Gue baca bukunya yang Indiepreneur, itu ngejelasin gimana caranya hidup dari berkarya. Mantap! :D

Yuk, mulai berkarya~ Jangan takut jelek. Hoho.

Reply
avatar
11 Januari 2017 pukul 12.47

Iya baru sadar gue juga kalo Pandji telah berkembang pesat. Btw, minjem buku Indiepreneur nya dong yog. ehe~ *kedipin mata*

Reply

Komentar sangat dibutuhkan bagi seorang Blogger #FYI

Orang baik komentarnya akan baik; Orang buruk komentarnya akan buruk.

Terima kasih dan Terima apa adanya | ... ?

Beri komentar yang bersifat membangun yak :D #ThinkHIGH